Indahnya Kawah Putih Bandung





Welcomedi ngangguronline bro, diperjalanan kali ini saya dan keluarga berkunjung ke kawah putih Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih Bandung adalah sebuah Kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha.  Nama Kawah Putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih. Warna putih tanah tersebut disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang.

Kawah putih ini terletak di Ciwidey, Jawa Barat  tepatnya di jalan Soreang Ciwidey sekitar 50 KM selatan kota Bandung. Lokasi kawah putih ini tidak jauh dari tempat wisata lainnya diantaranya: Situ Patenggang, Ranca Upas, Perkebunan teh Malabar, dan Situ Cileunca. Rute menuju Kawah Putih ini termasuk mudah  tapi jika musim liburan tiba jangan harap dah bisa ke Kawah Putih tepat waktu macetnya itu ga nahan.

Rute menuju sini itu banyak  sekali jika  rute yang saya tempuh adalah
Jakarta => Tol Cipularang => Pintu Tol Kopo => Soreang => Ciwidey  => Kawah Putih.
Rute tersebut dari arah Jakarta karena saya dari Tangerang Selatan saya memilih melewati Tol dari pada saya harus melewati Puncak yang macetnya gak ketulungan terus nanti pasti kena macet lagi di tanjakan sebelum Stone Garden.

Harga tiket  masuk Kawah Putih Bandung, Jawa Barat.
Perorang : Rp. 17.000 ( Domestik )
Rp. 50.000 ( Turis ).



Harga tersebut belum termasuk yang lainnya ya bro. Waktu itu si gua parkir dibawah dengan harga Rp. 6000 parkir mobil. Waktu itu gua naek angkot yang tersedia disana harganya Rp. 13.000 nah jangan kaget ya yang bawa mobil nya joki banget nanti kaya ada adrenalin nya gituh bro sebab bawanya kenceng banget padahal jalannya muter tapi emang udah biasa kali ya.

Sesampainya diatas ada yang nawarin masker dah tuh Rp. 5000 bagi yang blom persiapan masker dari atas gak terlalu jauh turun sampai dah di kawah putih nya banyak yang jualan bubuk belerang tuh udah dibungkusin harganya pas orang tua saya beli Rp. 20.000 katanya si khasiatnya buat jerawat, sakit kulit, gatal-gatal dan masih banyak yang lainnya.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat pantengin terus postingan – postingan saya di ngangguronline.
Jangan sampai kesibukan mu 

Mengganggu waktu dengan keluarga mu.

Indahnya Talaga Warna Puncak



Welcome dingangguronline bro, diperjalan kali ini saya dan teman-teman berkunjung di Talaga Warna puncak Bogor. Perjalanan kali ini sebenernya iseng-iseng ngobrol di grup tapi akhirnya jadi juga, kala itu saya menaiki kereta comuter line dari stasiun Serpong, Tangerang Selatan menuju ke stasiun Bogor. Sesampainya saya di stasiun Bogor hujan pun turun dengan lebat mengharuskan saya terlebih dulu menunggu kemudian saya membeli kopi untuk menunggu hujan.

Saya pun coba menghubungi kedua teman saya yang berada di Cisarua. Akhirnya kami setuju saya akan dijemput di makam keramat empang Bogor sembarian juga waktu itu saya ziarah, selang berapa waktu hujan pun berhenti  saya pun berjalan menuju ke keramat empang. Tak lama kemudian teman saya pun datang dan kami pun berangkat ke cisarua dengan keadaan hujan dan baju tubuh  kami pun basah kuyup.

Teman-teman saya mengajak ke asrama pondok pesantren  tempat mereka menuntut ilmu agama. Saya pun menginap disitu dan mendapat kenalan baru, pagi pun telah tiba saatnya mereka menetapi janjiinya untuk mengajak saya ke Talaga Warna. Kami bertiga pun berangkat dengan keadaan satu motor bertiga ya mo gimana lagi padahal waktu itu agak ngeri juga si takut ketilang, tapi  yang penting gas terus.



Sesampainnya di Talaga Warna kami pun mulai mengelilingi sekitar Talaga tersebut dengan berjlan kaki. Disini itu banyak monyet nya siap-siap kalian dihampiri oleh monyet-monyet tapi mereka gak galak ko, ada banyak rumah-rumah gitu pokoknya mantaplah, kalo menurut sejarah si ini peninggalan kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin oleh seorang raja Prabu Suarnalaya dan istrinya Permaisuri Purbamanah.

Harga tiket masuk Talaga Warna, harga sewaktu-waktu bisa berubah.
Wisatawan lokal : Rp.5000 weekday
                                   Rp.7500  weekend
Wisatawan mancanegara: Rp.100.000 weekday
                                                Rp.150.000 weekend.
Jam buka 08:00 – 17:00 WIB. Alamat Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Selamat mencoba jangan sia-siakan waktu liburan mu.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat pantengin terus postingan-postingan saya di nganggur online.
Jangan sampai kesibukan mu
Menganggu waktu travel mu

Indahnya Sendang Geulis



Welcome di ngangguronline dipostingan kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya dan kawan-kawan di daerah bandung  jawa barat di daerah bandung ini memang sangat indah  banyak sekali objek wisata yang menarik. Wisata sendang geulis adalah perjalanan saya kali ini, sering dikenal juga dengan sebutan telaga cikahuripan padalarang.
Sendang geulis ini lokasinnya agak tersembunyi, meskipun begitu selalu saja dikunjungi oleh  wisatawan. Dan kalo kesini harus sabar ya bro jalannya itu loh susah untuk kalian yang memakai motor bebek dan juga kalo kesini sebaiknnya memakai kendaraan beroda dua dari pada beroda empat dikarenakan jalananya yang sempit.
Sendang geulis ini cocok buat kamu yang lagi sumpek dengan suasana perkotaan sebab kondisi di sana tenang, banyak pepohonan yng rindang, serta suhu udaranya yang relatif sejuk apalagi pas udah mo nyampe ke sendang geulis nya sunyi  banget keadaanya menjadikan kawasan ini sangat pas sebagai tempat untuk merileksasikan diri.

Lokasi sendang geulis kahuripan.
Objek wisata ini dikelola oleh perhutani KPH Bandung Utara jadi nanti ada yang minta duit Rp.2000 perorang. Adapun lokasi sendang geulis ini berada di wilayah RPH Cikalong Wetan, BKPH padalarang perum perhutani KPH bandung utara. Secara administratif, objek wisata ini terletak di kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket sendang geulis. Harga sewaktu - waktu bisa berubah untuk masalah fasilitas menurut saya sudah cukup baik tinggal jalannya saja yang kurang dan untuk waktu buka senin-minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk : Rp.10.000
Harga parkir motor : Rp.5000
Sewaktu perjalanan saya pulang, saya dan kawan-kawan dikagetkan dengan banyaknya  kawanan ulat bulu yang bergelantungan di pepohonan, jadi kalian hati-hati ya apabila melewati banyaknya ulat bulu dan jangan kaget sebab ada kira-kira 200 meter saya dan kawan-kawan melewati kawanan ulat bulu dengan hati-hati.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat pantengin terus postingan-postigan saya di ngangguronline.

Jangan sampai kesibukan mu
Menganggu waktu liburan mu.

Santri Ngalap Berkah Pada Sang Kiai



Pesantren adalah lembaga yang didirikan untuk membentuk dan mengembangkan karakter santri. Berbicara tentang akhlak atau karakter. Kamus besar bahasa Indonesia mendefinisikan karakter sebagai kepribadian dan juga budi pekerti. Sementara itu, jika dikaji secara etimologis, karakter berarti watak, tabiat, sifat kejiwaan, dan juga akhlak.

Di dunia pesantren akhlak santri ke pada kyai itu sangat penting bahkan banyak cerita kiai-kiai terdahulu, yang tidak pernah belajar  tapi pulang bisa menjadi kiai dan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat di kampungnya. Pendidikan paling utama di pondok pesantren adalah mencetak manusia yang berkarakter.

Dalam dunia pesantren ada istilah yang dikenal dengan ngalap berkah, pada jaman Nabi pun para sahabat telah melakukannya terhadap Nabi, pendidikan pesantren pun meniru apa yang pernah dilakukan sahabat kepada Nabi karena para ulama itu pewaris nya para Nabi. Maka santri pun mengambil berkah dari pada ulama tersebut.

Dalil Tabarruk (Ngalap Berkah)

أَتَيْتُ النَّبِيَّ وَهُوَ فِى قُبَّةٍ حَمرَاءَ مِنْ أَدَمٍ وَرَأَيْتُ بِلاَلاً أَخَذَ وضُوءَ النَّبِيَّ والنَّاسُ يَبْتَدِرُوْنَ الوضُوءَ فَمَنْ أَصَابَ مِنْهُ شَيْئًا تَمَسَّحَ بِهِ وَمَنْ لَمْ يُصِبْ مِنْهُ شَيْئًا أَخَذَ مِنْ بَلَلِ يَدِ صَاحِبِهِ .     ( رواه البخاري )
Aku mengunjungi Nabi SAW saat beliau di kubah merah yang terbuat dari kulit hewan, aku lihat Bilal mengambil air bekas wudhu Nabi SAW dan orang-orang berlomba-lomba mendapatkannya. Maka orang yang mendapatkannya mengusapnya dan orang yang tidak mendapatkannya mengambil (mengusap) dari tangan temannya yang terbasahi ( air bekas wudhu Nabi SAW tersebut). (HR. Bukhaari).

Santri pasti pernah mengalami apa yang namanya minum sisa minuman kiai makan sisa makanan kiai, bahkan kadang santri berebutan untuk ngalap berkahnnya. Abdurrahman Wahid (2007, 92) mengatakan bahwa tingkat keberhasilan seorang santri bukan saja diukur dari segi kognitifnya. Namun lebih dari itu, ia diukur dengan menggunakan parameter tingkat ketundukan kepada seorang kiai.

Tingkat ketundukan ( tawadhu`) kepada kiai adalah salah satu etika sosial yang menjadi ciri utama seorang tersebut sudah berhasil meresapi nilai-nilai pendidikan pesantren atau belum.
Sekian dan terima kasih Semoga bermanfaat pantengin terus ya postingan-postingan yang selanjutnya.

Jangan sampai kepintaran mu
Membuat kau lupa jasa guru mu

indahnya curug ciampea



Welcome bro di ngangguronline perjalanan gua kali ini, bukan rahasia lagi bogor memang memiliki banyak curug atau air terjun yang  jernih. keindahan curug di bogor ini gak kalah dengan keindahan curug di kota atau kabupaten lain, selain itu juga bogor ini lokasi nya berada di jabodetabek jadi pantes dah para  traveler mudah untuk berkunjung ke daerah bogor dan  tidak memakan waktu terlalu lama.

Curug ciampea ini berlokasi di kecamatan tenjolaya, kabupaten bogor  keberadaan curug ini juga berdekatan dengan  curug lainnya, seperti curug luhur, curug cipeutey, dan curug sawer masih banyak yang lainnya juga, salah satu acara traveling di televisi swasta juga pernah melakukan syuting disini walaupun curug ini namanya tetap masih kalah tenar dengan curug yang lainnya tapi gak bakal rugi dah kalo kesini.

Akses jalan ke curug ini juga belum terlalu  memadai kawan baik dari perjalanan kota untuk sampai ke tempat parkiran ataupun dari parkiran ke curugnya arah nya sama menuju ke curug ciputri nah nanti curug ciputri lurus keatas lu ke kanan. Akses yang ditempuh ini melewati perkampungan cukup rusak jalannya jadi hati-hati ya dan gua saranin kalo ke curug ini sebaiknya lu pakai motor aja karena kalo untuk akses mobil jalan paspasan banget sama jangan malu nanya disini ramah ko warganya dari pada nyasar karena jalur yang akan lu lalui tidak ditemukan papan petunjuk.

Harga tiket masuk curug ciampea, harga sewaktu-waktu dapat berubah.
Harga peroarang: Rp.20.000
Harga parkir motor : Rp.5000

Gua saranin ya bro kalo kesini jangan sendiri, sebabnnya perjalan dari parkiran ke curug ciampea agak lumayan jauh dan jalanya  belum rapih juga jadi agak licin dan sendal penuh dah sama tanah mangkanya kalo kesini pakenya sendal gunung dah dan yang paling penting jangan buang sampah sembaragan ya sayangi alam kita kalo bukan kita siapa lagi yang jaga.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat dan pantengin terus postingan gua yang selanjutnya ya bro.

Jangan sampai masa muda mu
Kau habiskan dengan kesibukan mu


Pesantren sebagai Akar Pendidikan di Nusantara


Pesantren sebagai Akar Pendidikan Di Nusantara
Pesantren merupakan khazanah peradaban Nusantara yang telah ada sejak zaman kapitayan, sebelum hadirnya agama-agama besar seperti Islam, Hindu, dan Buddha. Setelah mengalami pertemuan dengan agama besar tersebut pesantren mengalami perubahan bentuk dan isi sesuai dengan karakter masing-masing agama.

Sejak awal pesantren menjadi pusat pendidikan di masyarakat kala itu mulai dari bidang agama, bela diri, kesenian, ketatanegaraan, dan perekonomian. Pada zaman Wali Sanga, pesantren yang semula bernuansa Hindu-Buddha mulai mendapatkan nuansa islam, sejalan dengan tersebarnya Islam di Nusantara.

Pesantren merupakan kreasi anak sejarah anak bangsa setelah mengalami persentuhan budaya dengan budaya pra-Islam. Pesantren merupakan sekumpulan komunitas independen yang pada awalnya mengisolasi diri di sebuah tempat yang jauh dari pusat perkotaan (pegunungan) (Dhofier, 1985: 10).  Seungguhnya asal muasal pesantren tidak bisa dipisahkan dari sejarah Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa pada sekitar abad 15-16 di  Jawa.

Berbicara selak beluk dunia pendidikan di Nusantara, tentu saja kita tidak bisa melepaskan diri dari pembicaraan mengenai pesantren. Sebab pesantren merupakan basis historis serta akar filosofis pendidikan di Nusantara. Mengutip analisis Manfred Ziemek pesantren adalah embrio utama serta tonggak berdirinya sejarah pendidikan di Indonesia sampai dewasa ini (Ziemek, 1975:7).

Pendidikan pesantren diberikan oleh seorang ulama atau kiai, ketika kita ingin mencari pesantren carilah kiai yang representatif yang mempunyai  sanad (mata rantai ilmu) yang jelas sehingga pemahamannya dalam keilmuan dapat dipertanggung jawabkan. Sang kiai atau ulama merupakan guru pembimbing yang menjadi contoh teladan bagi santri dalam kehidupan.

إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ إِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا ولآ دِرْهَماً إِنَّمَا وَرَّثُوْا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

"Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak. “ (Hadis Riwayat Imam At-Tirmidzi, Imam Ahmad, Imam Ad-Darimi, dan Imam Abu Dawud).

Sekian dan terima kasih Semoga bermanfaat pantengin terus postingan -postingan saya yang selanjutnya.

Jangan sampai kesibukan mu
Mengganggu ibadah pada Tuhan mu

Kampung Berseri Astra (KBA) Kemuning Gunug kidul



Gunung kidul lebih sering dikenal karena alamnya tandus. Seiring waktu, berkat sinergi dan kreativitas masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak lain seperti program kampung berseri astra (KBA) yang mengembangkan desa kemuning di Gunung kidul, Yogyakarta. KBA Desa Kemuning dikembangkan pada 2016 silam dan merupakan bentuk Corporate Sosial Resonsibility (CSR).

Head Of Corporate Communicatios PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto menyatakan, seleksi dalam pemilihan KBA di Desa kemuning telah dilakukan sejak tiga tahun silam dan penentuan tersebut didasarkan pada beberapa kriteria. Salah satunya adalah pada desa terebut mesti ada motor penggerak yang mampu memberdayakan masyarakat setempat agar program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

Program yang bertujuan untuk menunjang wilayah desa yang bersih, cerdas, sehat, dan produktif sehingga dapat meningkatkan  kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Dalam program yang mempunyai empat pilar utama dalam kegiatan sosialnya tersebut adalah pendidikan, kesehatan lingkungan, dan kewirausahaan. Empat pilar tersebut merupakan komponen yang sangat penting untuk mensejahterakan  kehidupan masyarakat.

Astra disini perannya hanya sebagai fasilitator yang memberikan kail istilahnya namun yang menjalankan dan menikmati hasilnya mestilah masyarakat itu sendiri, saat ini sudah ada 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di Indonesia rencananya PT Astra Internasional Tbk bersama yayasan dan anak perusahaannya akan mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seratus kabupaten dari sabang sampai merauke.

Kepala Dusun Kemuning, bapak suhardi pun mengaku senang dan bersyukur karena kampungnya terpilih menjadi KBS. Selain pembangunan fisik, masyarakatnya pun didorong serta dibina dalam berbagai aspek yang sangat berguna bagi masa depan mereka, yakni empat pilar yang telah disebutkan.

ü  1. Pendidikan
Dalam  sektor pendidikan, PT Astra Internasional Tbk memberikan beasiswa terhadap para siswa, mulai dari sekolah dasar sampai bangku perkuliahan.

ü  2. Lingkungan
Dalam sektor  ini, masyarakat diberi penyuluhan seputar lingkungan, contohnya masyarakat diberi  pengetahuan tentang tanaman hidroponik menanam dengan media air karena dengan pengolalaan seperti ini akan menghasilkan panen yang lebih berkualitas dibanding dengan media tanah.

ü  3. Kesehatan 
Dalam aspek kesehatan masyarakat agar memeliki pola hidup sehat. Kesehatan ini sangat penting sekali, sebab jika tubuh sehat, tubuh dapat menunjang setiap aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu masyarkat pun selalu diberikan penyuluhan kesehatan. Dalam Kampung Astra Kemuning terdapat sebuah pendopo. Di pendopo sering diadakan penyuluhan kesehatan. Kegiatan ini, biasanya diisi oleh para dokter dan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada.


ü  4. Kewirausahaan
Dalam aspek ini Kampung Berseri Astra selalu berusaha mendorong perekonomian warga. Di kampung kemuning tersebut banyak sekali singkong, maka semua olahan berbahan singkong selalu dibuat di sini guna merealisasikan perekonomian masyarakat yang mapan. Usaha lainya di kampung kemuning ini, dari dulu memang sudah punya produk seperti lempeng telo dan dodol pisang namun masih terbentur pada sisi pengemasan dan penjualan. Tapi sekarang  produk milik kampung kemuning sudah bisa mengimbangi produk-produk lain.

Sementara itu, kepala bidang industri dan kelembagaan pariwisata, dinas pariwisata Gunungkidul, Eli Martono menyebutkan, Desa kemuning memang merupakan salah satu destinasi baru yang muncul di dunia pariwisata Gunungkidul. Untuk itu, kata dia, memang perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar akses ke wilayah tersebut bisa dibangun lebih baik.

Semoga dengan adanya kegiatan yang patut diapresiasi seperti Kampung Berseri Astra ini kampung-kampung di seluruh Indonesia bisa lebih maju dan membuat sumbaer daya manusianya lebih baik lagi.

Sekian terima kasih semoga bermanfaat pantengin postingan saya di ngangguronline.
Jangan sampai kehidupan mu
Tak bermanfaat bagi lingkungan mu.



curug nangka




Welcome broo di NganggurOnline, kali ini saya  mo berbagi cerita perjalanan ke curug Nangka.  Dari daerah rumah saya  tangerang selatan menuju  curug nangka hanya memakan waktu kurang lebih    kira-kira dua jam, untuk perjalanan ke curug ini juga kalian bisa naek kereta bagi kalian yang di daerah jabodetabek yang lagi mager naek kendaraan pribadi.

 Kalian harus turun di stasiun bogor broo dari stasiun  jalan kaki dulu ke BTM jaraknya sekitar 1,5 km nah disitu lu cari angkot nomor 03 jurusan ciapus ketika lu sudah sampai di pertigaan ciapus lu nunggu dah angkot BFC warna biru tapi diantar hanya sampai hotel The higland park resort nah disitu udah ga terlalu jauh bisa jalan kaki atau naek angkot kalo naek angkot, angkot nya warna hijau nah lu disitu dianterin sampai ke loket.

Nah untuk perjalanan saya  kan ke curugnya  naek motor kalo dari tangerang selatan ke arah ciseeng dulu nanti belok kanan kearah purtat nutug pertigaan belok kiri nah ikutin jalan ajah sampai nanti ada petunjuk arah ke arah ciampea belok kanan nah udah deket dah. Jalan menuju ke curugnya udah enak  aspal nya bagus tidak seperti ke curug yang  di daerah bogor lainya.


 Ke curug ini  termasuk tidak melelahkan di karenakan jalan nya sudah dan pengelolaan nya bagus,  lu juga ga bakal susah nyari curug ini karena sudah banyaknya penunjuk arah untuk ke curug nangka ini, dari jarak parkiran ke curug juga termasuk dekat jika di bandingkan dengan curug yang lain, kalian juga jangan terkejut apabila ada monyet-monyet di pepohonan dekat lokasi parkir.

  Kalian di sini juga  akan menemukan tiga curug ya broo ada curug nangka, curug kawung, dan juga curug daun dalam satu kawasan tapi  memang  yang paling terkenal   curug menurut saya juga curug yang paling bagus dalam kawasan ini dan banyak leuwi juga, leuwi dalam bahasa sunda yang berartikan kolam jadi kalian bisa berendam ditu, di sini juga kalian akan menemukan kawasan perkemahan

Harga tiket curug nangka  anda akan mendapati dua loket pertama 7.500 kedua 15.000 dan unntuk parkir motor 5000 parkir mobil 1.0000 harga suatu saat dapat berubah

Jangan sampai kesibukan mu
Mengganggu waktu travel mu

Sekian dan terima kasih  semoga bermanfaat liat postingan gua yang selanjutnya ya bro.


pantai carita baka baka


 pantai carita baka baka
Welcome bro kali ini saya ingin berbagi cerita perjalanan bersama keluarga di pantai carita banten di perjalanan ini saya bersama keluarga menginap di vila baka baka di pantai carita, di pantai  ini  ombaknya tidak terlalu besar jadi aman buat keluarga yang masih memiliki anak kecil atau balita bahkan jika di malam hari banyak orang yang tidur di tepian pantai menggunakan alat seadanya.

Di baka baka ini jika sudah selesai aktifitas sholat shubuh banyak yang dateng ke vila dari tukang uduk sampai ibu ibu yang menawarkan jasa urut, jadi bagi kalian yang merasa lelah dan pegal pegal bisa merengangkan otot otot di urut oleh warga di daerah sini harga nya pun tidak terlalu mahal nah di pagi yang cerah saya berkeliling mengitari pantai denagan deburan ombak yang membuat yang membuat anda melupakan kesibukan di daerah perkotaan.

Pantai ini termasuk hampir lengkap bro banyak yang menawarkan banana boat, jet ski dan  lainya, nah di pagi harinya pas saya udah renang dan berfoto-foto di pantai, mulai  banyak tuh orang- orang yang menawarkan kepada kita, saya pun akhirnya tertarik untuk menaiki banana boat. Setelah nego harga dengan perbincangan yang cukup lama saya naik juga banana boat dengan keponakan dan om saya.



Nah saya pun menaiki kapal yang membawa kami ke tengah dan kami satu persatu menaiki banana boat dan dibawa muter-muter terlebih dahulu sampai akhirnya kami di gulingkan dengan keadaan yang tidak siap, lumayan pusing juga karena pas ditengah di gulingkan dengan keadaan tidak siap tapi memang disitulah keseruannya dan adrenalin nya seru dah pokoknya nah tinggal berenang dah ke pantainya walau saya tidak terlalu bisa berenang tapi santai kan pakai pelampung.

Harga  villa beda-beda ya bro ada yang 1 juta rupiah,1,5 juta tergantung luas villa yang anda ingnkan harga suatu hari bisa berubah.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat liat postingan saya yang selanjutnya di ngangguronline.

Jangan sampai kesibukan mu
Mengganggu waktu bersama keluarga mu

cara dowload vidio youtube tanpa aplikasi







Welcome di nganggur online Berbicara tentang dunia digital, saat ini teknologi digital cukup mampu memompa perekonomian anak bangsa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya anak bangsa yang memanfaatkan sarana digital sebagai alat untuk meraih  penghasilan yang sangat menjajikan salah satunya youtube  faktanya, banyak anak bangsa yang ekonominya mapan dari kegiatan yang biasa disebut youtuber .

Youtube telah menjadi penyedia layanan streaming terbesar dan terkenal di penjuru dunia. Youtube pun menyajikan  bermacam macam vidio, mulai dari vidio traveling, memasak, lawak, sampai politik pun ada di dalamnya apalagi dengan makin banyaknya kreator  yang bertambah setiap harinya,  berdasarkan cacatan ceo youtube susan wojcicki, pada pertengahan 2017 lalu jumlah penonton bulanan terdaftar  sebesar 1,5 miliyar . sangat fantastis bukan?

Pada postingan kali ini gua ingin membahas cara mendowload vidio dari youtube karena banyaknya pengguna yang ingin menyaksikan vidio sekaligus menyimpannya di ponsel, beberapa waktu lalu youtube merilis aplikasi youtube go yang memungkinkan pengguna mendownload  vidio yang bisa ditonton kemudian penggunna pun diharuskan mengunduh aplikasi youtube go terlebih dahulu.
Pertayaan di benak anda yang ingin mendownload tanpa aplikasi  tambahan seperti youtube go dll. apakah ada?

Jawabanya, ada cara mendowload vidio youtube melalui save from.net. caranya pun sangat mudah  dan tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi langsung aja ya. Lihat dan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama.
1.       Buka youtube pada broser anda baik melalui chrome, uc browser maupun aplikasi  browser lainnya. Bisa lewat pc dan smartphone.


2.       Cari dan buka vidio yang akan anda dowload.



3.       Kemudian buka link vidio tersebut dan ketika “ss” sebelum “youtube”



4.       Setelah halaman savefrome terbuka, terdapat opsi kualiatas vidio. Pilihlah kualitas vidio yang anda inginkan dengan cara mengkliknya.


5.       Download lah vidio tersebut.

Sekian dan terimakasih atas kunjungan anda di ngangguronline. Selamat mencoba tutorial diatas pantengin terus postingan gua selanjutnya.

Silahkan anda bertanya jika anda mengalami kesulitan pada kolom komentar yang telah tersedia.


Jangan habiskan masa muda mu
Dengan hal negatif yang kau perbuat .



Curug Ciwarijan




Curug Ciwarijan

Welcome bro di ngangguronline sekarang gua akan membagikan cerita gua di daerah provinsi banten nah waktu itu gua sama-sama temen temen gua mo ke anyer tapi lewat mancak karena mo ke kampung nya temen gua dulu, nah setelah bermalam di mancak kami rencanakan akan berangkat ke pantai anyer nah di perjalan ke pantai anyer tersebut kami mendapati papan nama di pertigaan ciampel sebelah kiri jalan.

Nama curug ciwarijan ini memang belum banyak diketahui oleh banyak orang nah kalo lu mo kesini gua saranin pakai motor aja karena susah bro dngan kondisi jalan yang menanjak dan sempit susah untuk berpapasan dua mobil, nah akses kesini  sebenarnya jalan nya sudah lumayan bagus sudah di cor sampai tempat parkir curug nah hati hati disini yang takut sama anjing karena di sini lumayan banyak juga angjingnya.

Sesampainya di tempat parkir lu akan di kasih nomor dari kardus maklum di sini blom terurus bro nah gua sama teman teman kaget cuman disuruh bayar parkir doang si dua ribu rupiah, selama pengalaman jalan jalan gua ini yang termurah  tapi kurang tau dah kalo hari libur ada yang ngejagain apa kaga, di dalem jalan ke curug nya jalan ke curug nya ngelewatin beberapa rumah warga dan lapangan sepak bola yang kurang terurus.



Air terjun ini cukup nyaman untuk wisata keluarga, sahabat dll. Karena pengunjung nya juga belom begitu ramai jalan nya yang mudah ditempuh , ketinggian 15 meter dan dengan debit air yang tak terlalu banyak jsdi sir terjun ini menurut saya aman untuk anak anak di sini juga tersedia warug ko bro jadi bagi lu yang pengen ngopi gampang gua rasa curug ini bagus dah buat warga banten dan sekitarnya.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat dan pantengin terus ya bro postingan gua selanjutnya di ngangguronline dan silahkan mencoba buat perjalan hidup lu selalu tersenyum walaupun sebenernya pahit.

Jangan sampai kesibukan mu
Mengganggu waktu travel mu

Agama Memanusiakan Manusia


Agama memanusiakan manusia

Islam merupakan  agama yang  toleran dari penamaan dan maknanya  Islam berarti kepasrahan, kedamaian, dan keselamatan. Kita harus merenung lebih dalam lagi. Perdamaian, kebebasan, dan juga toleransi adalah prinsip utama dalam menjalankan kehidupan, di samping tentu saja kebebasan juga menjadi bagian penting dari tujuan universal syariat Islam (maqashid as-syar`iyah) selain egaliter/persamaan derajat (al-musawa), merawat agama (hifdz ad-din), merawat akal (hifdz al-`aql), merawat keturunan (hifdz an-nasl), merawat kehidupan (hifdz an-nafs), dan merawat harta (hifdz al-mal).

Agama hadir untuk melindungi umat manusia. Agama diturunkan dan disyariatkan sebagai aturan yang emansipatif  terhadap umatnya. Bagaimana Islam dapat diterima di tengah-tengah masyarakat yang prural seperti di negara kita, Indonesia, adalah berkat dakwah toleran yang dijalankan oleh para pendahulu, terutama para Wali Songo. Islam harus selalu kontekstual dengan realiatas zaman. Islam yang dapat mengakomodasi tradisi dan budaya Indonesia.

Di sisi lain masyarakat saat ini begitu buas banyak nya tindakan-tindakan intoleran, kekerasan dll. barangkali persis apa yang dikatakan W.S Rendra (1997) dalam sebuah sajaknya, yakni masyarakat yang tak ubahnya rumput kering yang memiliki watak sangat mudah terbakar. Tidak perlu menunggu peristiwa besar, emosi bisa meletup kapan saja dengan skala pemantik yang kecil sekalipun kondisi ini berbahaya bagi kita semua.

Terkadang kita sebagai manusia terlalu memaksakan satu kepentingan yang sama adalah mustahil bagi manusia yang dikenal sebagai hewan yang berfikir (hayawan nathiq). Kita sebagai manusia harus memegang teguh bahwa Tuhan itu satu sementara kita, mahluk ciptaan-Nya adalah beragam dan pasti berbeda-beda. Karena itulah keragaman (prulalitas) di dunia ini adalah bentuk sunnatullah, kehendak, dan keniscayaan fitrah dari Tuhan.

Kemanusian, Islam mempunyai ajaran keseimbangan tentang relasi vertikal-individual (habluminallah) dan horizontal-sosial (habluminannas). Artinya, Tuhan memerintahkan kita untuk tunduk padanya-Nya, tetapi juga saling memuliakan antar sesama manusia. Jadi sikap saling memuliakan adalah salah satu manifestasi dari ajaran Tuhan, karena Tuhan tidak pernah membeda-bedakan manusia dengan apa pun latar belakangnya, baik sosial, budaya, agama, gender, jenis kelamin, dan lainnya.

Puncak dari keberagaman seseorang, meminjam apa yang dikatakan Gus Dur, adalah penghargaan terhadap rasa kemanusiaan. Jika penghargaan terhadap  rasa kemanusiaan di sebuah masyarakat itu sangat rendah, bisa dipastikan agama hanya berhenti pada dimensi eksoteris yang sifatnya simbolis dan kerap berupa selogan semata.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat pantengin terus ya di ngangguronline .


Santri Jaga Negeri



SANTRI JAGA  NEGERI

Pancasila sebagai kekayaan bangsa yanng sangat berharga dan terbukti sangaat relevan dalam menyatukan dan menjadi pegangan bagi bangsa ini. Karena itu ideologi negara ini perlu dijaga, maka santri harus berdiri di barisan terdepan. Term jihad akhir-akhir ini memang kembali menjadi perbincangan intens di kalanagan akademisi, peneliti, dan juga pemerhati.

Keadaan  yang demikian  bisa dimaklumi seiring masih merebaknya isu terorisme. Di Indonesia Sendiri adanya penyempitan dan kesalahan makna jihad meminjam bahasa peters sangat ironis: melawan orang yang anti agama. Dari sanalah rantai kesalahan pemaknaan jihad, terutama yang terjadi di Indonesia, merebak dan membiak sampai saat ini. Dari sanalah kemudian timbul istilah memerangi kafir,liyan, musyrik, dan anti agama.

Merujuk pada teks-teks klasik semisal fathul muin Imam Zainuddin Al-Malyabari, fakultatif yang bukan saja memiliki arti sebatas mengangkat senjata, melainkan lebih dari itu juga menyasar aspek pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalam berbangsa dan bernegara yang terdiri dari minimal sandang, pangan, papan dan keamanan.

Dalam surat At-Tin Tuhan bersumpah dengan menggunakan redaksi “ wa hadzal baladil amin “ yang berarti “ dan demi negara ini yang aman “ keamanan dan ketentraman adalah keadaan yang selalu diajarkan oleh Islam kepada pemeluknya. Sebagai santri haruslah mengerti jihad difa`i jihad yang dalam artian membela negara, membela kedaulatan segala aspek negara yang meliputi pendidikan, kebudayaan, politik, ekonomi, dan tentu saja kedautlatan militernya.

Jihad defensif memilki arti bahwa seluruh kegiatan bela negara ditunjukan untuk membentengi negara dari berbagai ancaman yang merongrong kedaulatan negara. Maka, dengan pemaknaan yang luas tersebut, jihad defensif tidak benar jika hanya dimaknai sekadar mengangkat senjata. Ia bisa dilakukan dengan cara melesterikan tradisi baik dan mengembangkan berbagai temuan baru. Adanya kaidah “ alal qadimis shalih wal akhdu bil jadidi ashlah” yang berarti melestarikan tradisi dan mengembangkan temuan-temuan terkini.

Narasi bela negara dan semangat nasionalisme sejak dulu sudah dibangun oleh pendahulu-pendahulu  kita. Tugas dan pekerjaan rumah besar kita adalah mempertahankan nilai dan semangat tersebut.


Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Dari Ulama Untuk Bangsa



Ada tiga konsep tentang ukhuwah (persaudaraan), yaitu ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia). Pentingnya cinta tanah air, terletak pada kepahaman sekaligus kesadaran transendental dari ulama-ulama Indonesia akan pentingnya berbangsa dan bernegara.
Konsep hubbul wathan minal iman (mencintai Tanah Air adalah sebagian dari iman) yang digagas oleh K.H.A. Wahab Hasbullah adalah bukti nyata bahwa nasionalisme menjadi isu penting yang harus diperhatikan. Dan, di negara-negara Teluk, tampaknya hal ini tidak kita temui.

Dalam sebauah wawancara soal kontroversinya memerintahkan Banser untuk menjaga geraja, Gus  Dur pernah mengatakan  kurang lebih seperti ini, “kamu niatkan jaga Indonesia bila kamu enggak mau jaga gereja. Sebab, gereja itu ada di Indonesia,Tanah Air kita. Tidak boleh ada yang mengganggu tempat ibadah apapun di Bumi Indonesia. Pelajaran penting dari ucapan Gus Dur bahwa yang penting dirawat adalah akal sehat untuk selalu menghargai perbedaan dan mencintai tanah dan bangsa tempat kita dilahirkan. Ini mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Diriwayatkan oleh Ahmad bahwa Ibnu Abbas mengatakan, adalah Rasulullah S.A.W. Setiap kali mengutus bala tentaranya, maka beliau selalu berpesan: berangkatlah dengan  nama Allah. Dan, janganlah kalian curang, jangan mencuri  harta rampasan, dan jangan membunuh orang-orang yang berada di dalam gereja. Hadis ini sangat penting dalam konteks saat ini bahwa rumah ibadah agama serta keyakinan apapun haram hukumnya diserang dan diluluhlantakan atas alasan dan kepentingan apapun.

Dahulu pernah ada sidang pleno PBNU menyikapi aliran Ahmadiyah. Pada tahap sidang komisi, para anggota sepakat menilai bahwa aliran Ahmadiyah adalah aliran sesat dan menyesatkan. Namun di level sidang pleno yang dipimpin Ra`is `Aam NU secara langsung dan didampingi beberapa kiai sepuh lainnya, hasil sidang komisi tersebut diubah. KH. Sahal Mahfudz (Ra`is `Aam NU kala itu) menasihati para anggota sidang komisi fatwa, jangan menggunakan bahasa caci maki. Kita perhalus bahasanya.

Kemuadian KH. Sahal mendikte redaksi kata-katanya: aliran Ahmadiyah adalah aliran agama Islam yang ditolak oleh umat Islam internasional. Sepintas tidak ada yang  beda . Namun kalau kita cermati maksud Mbah Sahal, ada ilmu hikmah yang bsa kita petik. Bahasa caci maki menunjukkan aroma kebencian. Jika para elite PBNU menggunakan redaksi bahasa caci maki, bisa “habis” orang-orang Ahmadiyah

Dari kedua cerita di atas pentingnya tiga konsep ukhuwah untuk membuat perdamaain apalagi di negeri kita yang memang sangat beragam.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat pantengin terus ya postingan-postingan saya di ngangguronline


BERAGAMA DI NEGARA BHINNEKA


BERAGAMA DI NEGARA BHINNEKA

Akhir-akhir ini masalah perbedaan agama selalu diributkan padahal yang patut direnungkan mengapa dulu, saat di mana zaman pendidikan belum begitu maju, belum banyak orang yang mengenyam bangku sekolah, bahkan belum mengenal kehidupan kuliah, rasa tenggang rasa dan toleransi bisa mengejawantah,  sedangkan sebaliknya secara diametral hari ini banyak anak lulusan kuliah, tetapi kenyataanya justru rasa toleransi dan tenggang rasa semakin memudar.

Suatu hari ada kiai-kiai NU kumpul di sebuah pondokpesantren.  Saat itu Mbah Yai Ahmad Mustofa Bisri ingin menerangkan awal mula kesalahan beragama.
Beliau melemparkan pertanyaan, “PPP, PDIP, dan Golkar itu wasilah atau ghoyyah?

Para kiai pun serempak menjawab dengan mantapnya, ada malah yang setengah berteriak.
Kiai sepuh itu pun serempak menimpali, “Nilai 100 untuk bapak-bapak kiai. NU, Muhammadiyah dan semacamnya itu wasilah atau ghoyyah”? Mbah Mustofa Bisri bertanya lagi.
Para kiai kemudian menjawab pelan agak ragu-ragu, “wasilah....”

Beliau hanya tersenyum mendengar nada jawaban para kiai yang mulai merasa berubah.
Pertanyaan terakhir, kiai sepuh itu bertanya, “Islam, Katholik, Hindu, dan semacamnya itu wasilah atau ghoyyah?”

Seketika itu pula ruangan menjadi hening, tidak ada kiai yang menjawab. Mbah Mustofa Bisri sampai mengulangi pertanyaanya tiga kali, tetapi para kiai tersebut tetap diam.

Ghoyyah berarti tujuan akhir. Wasilah berarti sarana menuju.

Kemudian ada kiai yang balik bertanya, “kalau pendapat Gus Mus sendiri bagaimana?”
Dengan mantap beliau menjawab, “Agama Islam adalah wasilah.”
Para kiai kemudian ribut sendiri, lho, bagaimana bisa agama Islam adalah wasilah?”
Sekali lagi dengan mantap Mbah Yai Ahmad Mustofa Bisri  menjawab penuh kharisma, “karena ghoyyah-nya .....Allah.”

Seketika itu pula semua kiai di ruangan tersebut kembali diam.
Mbah Mustofa Bisri lantas membuat pengandaian. Kalau anda ingin ke Jakarta memakai mobil, bus, atau kereta api, tidak akan sampai. Karena sedang  banjir, melalui jalan darat tidak mungkin sampai. Hanya bisa  sampai ke Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang. Meski menjadi satu-satunya sarana transportasi yang bisa menjangkau Jakarata, pesawat terbang ini tetap hanya wasilah (sarana menuju).

Oleh karena itu, di berbagai kesempatan,  Mbah Mustofa Bisri menasehati Nahdliyin untuk selalu menghormati umat beragama lain. Bagaimanapun, umat beragama lain pada dasarnya sama seperti umat Muslim, yaitu sedang berusaha menuju-Nya. Semua pilihan orang lain harus dihargai seperti diri kita ingin dihargai memilih wasilah agama Islam.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat
Selamat hari toleransi internasional.