Kampung Berseri Astra (KBA) Kemuning Gunug kidul



Gunung kidul lebih sering dikenal karena alamnya tandus. Seiring waktu, berkat sinergi dan kreativitas masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak lain seperti program kampung berseri astra (KBA) yang mengembangkan desa kemuning di Gunung kidul, Yogyakarta. KBA Desa Kemuning dikembangkan pada 2016 silam dan merupakan bentuk Corporate Sosial Resonsibility (CSR).

Head Of Corporate Communicatios PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto menyatakan, seleksi dalam pemilihan KBA di Desa kemuning telah dilakukan sejak tiga tahun silam dan penentuan tersebut didasarkan pada beberapa kriteria. Salah satunya adalah pada desa terebut mesti ada motor penggerak yang mampu memberdayakan masyarakat setempat agar program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

Program yang bertujuan untuk menunjang wilayah desa yang bersih, cerdas, sehat, dan produktif sehingga dapat meningkatkan  kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Dalam program yang mempunyai empat pilar utama dalam kegiatan sosialnya tersebut adalah pendidikan, kesehatan lingkungan, dan kewirausahaan. Empat pilar tersebut merupakan komponen yang sangat penting untuk mensejahterakan  kehidupan masyarakat.

Astra disini perannya hanya sebagai fasilitator yang memberikan kail istilahnya namun yang menjalankan dan menikmati hasilnya mestilah masyarakat itu sendiri, saat ini sudah ada 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di Indonesia rencananya PT Astra Internasional Tbk bersama yayasan dan anak perusahaannya akan mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seratus kabupaten dari sabang sampai merauke.

Kepala Dusun Kemuning, bapak suhardi pun mengaku senang dan bersyukur karena kampungnya terpilih menjadi KBS. Selain pembangunan fisik, masyarakatnya pun didorong serta dibina dalam berbagai aspek yang sangat berguna bagi masa depan mereka, yakni empat pilar yang telah disebutkan.

ü  1. Pendidikan
Dalam  sektor pendidikan, PT Astra Internasional Tbk memberikan beasiswa terhadap para siswa, mulai dari sekolah dasar sampai bangku perkuliahan.

ü  2. Lingkungan
Dalam sektor  ini, masyarakat diberi penyuluhan seputar lingkungan, contohnya masyarakat diberi  pengetahuan tentang tanaman hidroponik menanam dengan media air karena dengan pengolalaan seperti ini akan menghasilkan panen yang lebih berkualitas dibanding dengan media tanah.

ü  3. Kesehatan 
Dalam aspek kesehatan masyarakat agar memeliki pola hidup sehat. Kesehatan ini sangat penting sekali, sebab jika tubuh sehat, tubuh dapat menunjang setiap aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu masyarkat pun selalu diberikan penyuluhan kesehatan. Dalam Kampung Astra Kemuning terdapat sebuah pendopo. Di pendopo sering diadakan penyuluhan kesehatan. Kegiatan ini, biasanya diisi oleh para dokter dan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada.


ü  4. Kewirausahaan
Dalam aspek ini Kampung Berseri Astra selalu berusaha mendorong perekonomian warga. Di kampung kemuning tersebut banyak sekali singkong, maka semua olahan berbahan singkong selalu dibuat di sini guna merealisasikan perekonomian masyarakat yang mapan. Usaha lainya di kampung kemuning ini, dari dulu memang sudah punya produk seperti lempeng telo dan dodol pisang namun masih terbentur pada sisi pengemasan dan penjualan. Tapi sekarang  produk milik kampung kemuning sudah bisa mengimbangi produk-produk lain.

Sementara itu, kepala bidang industri dan kelembagaan pariwisata, dinas pariwisata Gunungkidul, Eli Martono menyebutkan, Desa kemuning memang merupakan salah satu destinasi baru yang muncul di dunia pariwisata Gunungkidul. Untuk itu, kata dia, memang perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar akses ke wilayah tersebut bisa dibangun lebih baik.

Semoga dengan adanya kegiatan yang patut diapresiasi seperti Kampung Berseri Astra ini kampung-kampung di seluruh Indonesia bisa lebih maju dan membuat sumbaer daya manusianya lebih baik lagi.

Sekian terima kasih semoga bermanfaat pantengin postingan saya di ngangguronline.
Jangan sampai kehidupan mu
Tak bermanfaat bagi lingkungan mu.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »